You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Gunung Ulin

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

SINERGITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA LOKAKARYA MINI LINTAS SEKTOR


SINERGITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA LOKAKARYA MINI LINTAS SEKTOR

Gunung Ulin, Senin (18/09 2023) Pukul 11.00 wita s.d selesai Pambakal Gunung Ulin H. Sunarto,SE beserta menghadiri Acara Lokakarya Mini (LokMin) Lintas Sektor yang diadakan oleh Upt Puskesmas bertempat di Aula Kecamatan Mataraman.

Acara ini dihadiri juga oleh Kapolsek Mataraman, Danramil Astambul-Mataraman, Pambakal se Kecamatan Mataraman, Bidan Desa se Kecamatan Mataraman, Kader Posyandu se Kecamatan Mataraman.

Lokakarya mini adalah suatu bentuk forum pertemuan yang merupakan penerapan dari manajemen pergerakan pelaksanaan di Puskesmas dengan tujuan untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.

Tujuan khusus dari Lokakarya Mini adalah (1) Menggalang kerjasama tim secara lintas program maupun lintas sektor, (2) Memantau dan Menginformasikan hasil kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan, (3) Mengumpulkan data dan fakta atau identifikasi berbagai masalah dan hambatan dalam pelaksanaankegiatan puskesmas, (4) Mengidentifikasikan penyebab masalah serta mengupayakan pemecahan masalah, (5) Monitoring dan Evaluasi kegiatan Puskesmas dan tersusunnya rencana kerja untuk periode selanjutnya.

Untuk itu Puskesmas harus melakukan kerjasama dengan lintas sektor agar diperoleh dukungan dalam pelaksanaan berbagai kegiatannya yaitu dalam pertemuan melalui Lokakarya Mini agar dapat memantau pelaksanaan kegiatan Puskesmas berdasarkan perencanaan dan memecahkan masalah yang dihadapi serta tersusunnya rencana kerja baru juga untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan dukungan sektor-sektor yang bersangkutan dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan.

Kali ini acara Lokakarya Mini Lintas Sektor mengusung tema yaitu “Optimalisasi Kerjasama Lintas Sektor Dalam Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting Dalam Rangka Peningkatan D/S Posyandu Tingkat Kecamatan Mataraman.

Dalam Sambutan Camat Mataraman mengatakan untuk lebih meningkatkan kinerja dengan harus selalu berkomunikasi dan berkoordinasi antara Pambakal dengan Bidan Desa serta Kader Posyandu di Desa karena pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujutnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Dalam rapat tersebut disepakati jadwal pelaksanaan posyandu agar tidak terjadi benturan sesama Posyandu Desa, selain itu juga membahas strategi bagaimana jumlah balita yang hadir di Posyandu bisa memenuhi target 100Úri sasaran yang telah ditetapkan . Hal ini tentunya mendapat dukungan dari seluruh lintas sektoral agar sama-sama bisa mengawasi pelaksanaan Posyandu Desa agar berjalan dengan baik dan lancar, sehingga jumlah balita stunting di Kecamatan Mataraman bisa menurun bahkan tidak ada lagi balita Stunting.

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%