You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Gunung Ulin

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

KELOMPOK TANI SUMBER REJEKI IKUTI GERAKAN PENGENDALIAN HAMA TANAMAN KACANG TANAH


KELOMPOK TANI SUMBER REJEKI IKUTI GERAKAN PENGENDALIAN HAMA TANAMAN KACANG TANAH

(Gunung Ulin) Rabu, 18/10/2023. Anggota kelompok Tani Sumber Rejeki Desa Gunung Ulin yang berjumlah 21 orang sangat antusias mengikuti sosialisasi Gerakan Pengendalian OPT Hama tanaman kacang tanah di Aula Kantor Desa Gunung Ulin  yang di hadiri juga oleh Kepala BPP Mataraman ibu HJ. Amelia dan beserta seluruh PPL dan Mantri tani. 

Sebagai Narasumber yakni dari Dinas Pertanian Propinsi yang memberikan materi perihal tata cara penggunaan Pupuk Cair organik yang ramah lingkungan bebas dari bahan kimia. Para anggota Poktan Sumber rejeki sangat antusias dan juga banyak bertanya perihal pengimplemantasian pupuk cair organik.

Pambakal Gunung ulin Bapak H. Sunarto dalam sambutan dan arahannya juga menjelaskan bahwasannya sangat mendukung program pertanian baik dari tingkat kabupaten,proprinsi sampai pusat dan juga mengucapkan banyak terimaksih atas pembinaan dari Dinas. bahkan Pambakal Gunung ulin sendiri juga menjelaskan mempunyai program pertanian ketahan Pangan yang juga bertujuan untuk memotivasi dan menyemangati para petani. adapapun yang disiapkan dalam program ketahanan pangan pemerinta desa gunung ulin yakni pertanian kacang tanah yang diperkirakan seluas kurang lebih 5 hektar yang saat ini sudah dilakukan pengolahan tanah lahan pertaniannya.

Para petani juga bersemangat dengan adanya program Pambakal Gunung ulin yakni program ketahanan pangan untuk penanaman kacang tanah karna saat ini harga kacang tanah cukup stabil dan bisa jadi peluang usaha pertanian yang menjanjikan bagi para petani dan ini menjadi program yang sangat baik.

setelah materi tata cara penggunaan pupuk cair organinik pemateri juga mengajak para anggota poktan untuk langsung kelahan pertanian Poktan guna langsung mempraktekkan tata cara penyemprotan pupuk cair organik yang tepat sesuai takaran yang di tentukan.

bapak Sariman langsung di bimbing tata cara penyemprotan menggunakan pupuk cair organik ini oleh Narasumber. terlihat sangat ramai dan menyenangkan karna dalam kegiatan ini berbaur para pakar pertanian bersama para petani yang sama-sama bertujuan untuk memajukan pertanian serta mensejahterakan para petani.

setelah selesai praktek dilapangan kemudian kembali keaula guna pembagian konsumsi serta uang transport untuk para peserta anggota poktan yang mnegikuti kegiatan. 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%