You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Gunung Ulin

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

PENANGGULANGAN KRISIS AIR BERSIH


PENANGGULANGAN KRISIS AIR BERSIH

Gunung ulin, 31 Agustus 2023 - Menghadapi Krisis Air: Memperjuangkan Air Bersih di Desa Gunung Ulin saat Musim Kemarau Tanggal 15-08-2023 karena pada musim kemarau yang terik ini, krisis air mulai melanda beberapa wilayah di Desa Gunung Ulin. mengalami kesulitan dalam memperoleh pasokan air bersih yang memadai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penduduknya. Dalam situasi yang penuh tekanan ini, langkah-langkah penting perlu diambil untuk mengatasi masalah ini dan menjaga aktifitas hidup masyarakat. Musim kemarau yang panas telah mengeringkan sumber-sumber air utama di sekitar Desa Gunung Ulin. Bendungan atau kolam yang biasanya menjadi sumber penyedia air bersih kini hampir sepenuhnya kering, meninggalkan masyarakat dengan sedikit atau bahkan tanpa akses ke air bersih. Kondisi ini berdampak luas pada kehidupan sehari-hari warga desa, mulai dari kebutuhan minum, sanitasi, pertanian, hingga pemenuhan kebutuhan ternak. Untuk mengatasi krisis air ini, diperlukan tindakan darurat serta kerjasama antara pemerintah, masyarakat setempat, dan organisasi non-pemerintah.

 

  

Pambakal Gunung Ulin H. Sunarto, SE Melakukan Penanggulangan kekurangan air bersih di Desa Gunung Ulin khususnya di wilayah RT. 1 Desa Gunung Ulin yang kekurangan air bersih akibat musim kemarau yang sudah hampir 2 Bulan dengan memerintahkan Kepala Lingkungan yang bertanggung jawab diwilayahnya. Debit air Pamsismas di Wilayah ini sangat kecil dan tidak bisa mencukupi kebutuhan air warga masyarakat guna keperluan Minum, Cuci dan mandi.
Pambakal bekerjasama dengan BUMDES Karya Bakti mencarikan solusi dengan mencarikan air bersih dengan mesin alkon guna mengambil dari sumber air yang ada di Desa Gunung ulin ke dalam tower penampungan dan di angkut menggunakan mobil angkutan bumdes guna di Distribusikan ke penampungan air yang ada dirumah warga masyarakat. Hal ini sangat membantu warga masyarakat Desa Gunung Ulin RT. 1 yang kekurangan air bersih.
Pambakal Gunung ulin juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk dapat menggunakan air bersih dengan sangat bijaksana dengan berhemat dan mengurangi pemakaian air untuk kegiatan yang tidak terlalu pokok karna masih menghadapi musim kemarau.
Respon cepat Tanggap Pambakal Gunung Ulin dalam penanganan keluhan warga masyarakat dengan mengambil solusi yang tepat ini sangat bermanfaat bagi warga masayarakat. Semoga hujan dapat segera turun guna dapat memenuhi debit air Pamsimas agar tidak ada lagi kekurangan air bersih di Desa Gunung Ulin.

  

 

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%